Pelopor Usaha Roti Gembong Gandem Wonosobo

Salah satu makanan yang cukup populer belakangan ini di Kota Wonosobo adalah Roti Gembong Gandem. Belum banyak warung, kedai atau toko yang menjual roti ini, karena memang kepopulerannya baru dikenal di Wonosobo sejak tahun 2021. Nah, kali ini penulis berkesempatan mewawancarai salah seorang pendiri usaha Roti Gembong Gandem di Wonosobo. Simak wawancara kami selengkapnya di artikel berikut ya, teman! Sebelum masuk pada bagaimana pelopor bisnis roti Gembong Gandem ini menjalankan usahanya, alangkah baiknya kita simak dulu bidata singkat yang penulis dapat dari pendiri usaha.

Bapak Faishal Falih merupakan salah satu penduduk Kauman Wonosobo. Beliau adalah salah seorang pelaku usaha tempat itu. Beliau lahir pada tanggal 25 juni 1982 di kampung Kauman kecamatan Wonosobo. Memiliki orang tua yang juga merupakan penduduk setempat bernama Ibu Hirawati Aulia dan seorang ayah bernama Bambangwen. Saat kecil, bapak Faishal Falih menempuh pendidikannya di SD, SMP, hingga SMA Muhamadiyah Wonosobo, dan keseluruhannya beliau selesaikan di Sudagaran Wonosobo. Beberapa tahun kemudian setelah bapak faishal  menyelesaikan pendidikannya, beliau pun menikah dengan Ibu Risti Rahmayanti yang juga merupakan salah seorang penduduk Kampung Kauman. Beberapaa bulan setelah menikah, beliau membuka usaha yaitu Roti Gembong Gandem Wonosobo. 

Awalnya, usaha ini didirikan oleh bapak Faishal atas dasar keinginan yang tinggi. Selain itu, di Wonosobo sendiri belum ada usaha serupa yang membuat beliau semakin terdorong untuk mendirikan usaha tersebut. Memang baru berjalan 7 bulan, namun toko yang beliau dirikan selalu ramai pengunjung yang penasaran pada cita rasa roti tersebut. Hari demi hari beliau jalani sesuai dengan kemampuan dan situasi, bahkan di beberapa kesempatan beliau menghadapi beberapa kendala seperti ketersediaan bahan dan juga pemasaran, namun seiring berjalannya waktu juga, beliau terbiasa dengan kendala tersebut dan dapat mengatasinya dengan baik.

Dalam kurun waktu tujuh bulan tersebbut, beliau mendapat lebih banyak pelanggan dan bisa membuka satu cabang yang dikelola oleh adiknya sendiri. Pusat Toko Roti Gembong Gandem sendiri berada di jalan masjid Kauman Utara, bersebelahan langsung dengan toko sembako dan Panti Asuhan Muhammadiyah Wonosobo. Tersedia dalam beberapa varian rasa yang tentunya enak, yakni: Rasa cokelat, original, strawberry, blueberry, keju, vanila susu, mangga, durian, dan beberapa rasa lain serta toping yang tentunya menarik minat pembeli. Harga yang ditetapkan juga ramah kantong mulai dari 10.000 hingga varian rasa spesial dengan toping yang juga lebih banyak dan dibandrol dengan harga 25.000. 

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Silakan datang langsung ke gerai yang terletak di Kauman Utara atau pesan via online melalui aplikasi pesan antar yang tersedia di sana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya! Artikel ini didapat dari Ikrima Amalia yang melakukan wawancara langsung dengan pelaku usaha dan ditulis ulang oleh Ina Anggara Setia Ningsih.


Oleh: Ina Anggara Setia Ningsih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tari Lengger, Kesenian Khas Wonosobo

Peringatan 10 Muharram di Pesantren Fatanugraha

Bernyanyi Yakini Kurangi Beban dalam Diri