5 REKOMENDASI TEMPAT WISATA YANG PATUT DIKUNJUNGI SAAT KAMU BERADA DI WONOSOBO

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada di ketinggian dan diapit oleh beberapa gunung besar di jawa membuatnya terkenal sebagai daerah wisata. Wonosobo merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak keunggulan, entah dari segi wisata, pertanian, hingga budayanya. Tak ayal jika kabupaten berhawa sejuk ini menjadi ikon yang cukup menonjol di Jawa Tengah. 

Wonosobo terdiri dari dua unsur kata yang saling berkesinambungan. Yakni Wana yang bermakna hutan dan Saba yang artinya dikunjungi. Jika dikonfigurasikan, dua kata tadi akan membentuk frasa kalimat yang sangat menggambarkan kondisi alam Wonosobo. "Hutan yang sering dikunjungi" demikianlah gabungan dua kata dengan makna selaras tersebut yang sudah dikenal sejak beberapa abad yang lalu.

Wonosobo sendiri dikelilingi oleh gunung Sindoro, Sumbing, dan pegunungan Dieng yang menjadi sorotan tiap wisatawan yang datang ke kota asri tersebut. Kebanyakan penduduk Wonosobo bermata pencaharian sebagai petani, hal ini didukung dan didasari oleh kondisi geografis kabupaten Wonosobo yang memang kebanyakan wilayahnya adalah alas atau hutan. Wonosobo juga dikenal sebagai kota dengan ragam budaya yang hidup saling berdampingan. Salah satu yang banyak dikenal masyarakat luas adalah budaya tari lengger yang sangat lestari di kota ini. Tari lain yang juga dikembanngkan di kota Wonosobo menjadi pelengkap keragaman yang ada, meski budaya itu bukan asli budaya Wonosobo.

Nah, seperti yang penulis sampaikan dalam judul di atas, tulisan ini akan menyajikan 6 objek wisata yang patut dikunjungi saat teman-teman sekalian berada di kota berhawa sejk tersebut, mari simak selengkapnya!

1. Puncak Sikunir 

Dari banyaknya bukit yang ada di Wonosobo, bukit satu ini menjadi ikon yang banyak diburu oleh pecinta matahari terbit. Pasalnya, dari ketinggian tersebut, pengunjjung dapat menikmati belaian lembut matahari pagi saat baru akan memulai aktifitasnya menyinari dunia. Jika berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa datang ke Puncak Sikunir, ya!

2. Telaga Warna

  Dikatakan Telaga Warna karena telaga ini dapat berubah warna dari hijau lantas menjadi kuning atau warna warna lain setiap harinya. Hal tersebut karena kandungan belerang yang cukup tinggi di telaga itu. Destinasi wisata ini patut masuk list perjalanan teman semua jika tengah berada di Wonosobo. 

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer juga patut menjadi objek wisata utama yang harus dikunjungi. Terletak di kaki pegunungan Dieng atau tepatnya berada di desa Maron, Kecamatan Garung membuat eksotisme tempat ini patut menjadi tujuan. Lelah selama perjalanan tentu saja akan hilang seketika saat teman-teman semua melihat telaga indah ini.

4. Bukit Seroja

Objek wisata yang satu ini berdekatan dengan Telaga Menjer, gampangnya, kalian bisa naik lebih tinggi untuk sampai ke bukit tersebut. Dari bukit Seroja, Telaga Menjer akan nampak lebih indah. Di sana juga disediakan banyak gardu pandang untuk menikmati telaga indah tersebut. jadi, jangan lupa datang ke sana!

5. Gunung Sindoro & Sumbing

Nah, bagi kalioan pecinta pendakian, jangan lupa mendaki dua gunung paling fenomenal di Kabupaten Wonosobo. Tidak perlu diragukan lagi apa yang akan didapat dari hasil mendaki tersebut, teman-teman akan disuguhi pemandangan luar biasa dan tidak akan pernah dilupakan. 

Nah, itu tadi 5 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Wonosobo yang patut masuk ke dalam list perjalanan kalian selama berada di Kabupaten Wonosobo. Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi di kabupaten tersebut, hanya saja penulis tidak bisa menyebutkannya satu per satu, mungkin di lailn kesempatan. Sampai jumpa di artikel berikutnya! Semoga harimu menyenangkan.


Oleh: Laeli Azizah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 10 Muharram di Pesantren Fatanugraha

Selayang Pandang Tentang Kota Asri Wonosobo

Bernyanyi Yakini Kurangi Beban dalam Diri