Cara Menjadi Enterpreneur Muda

 Entrepreneurship atau yang biasa kita kenal dengan Dunia Wirausaha, merupakan proses pengembangan ide-ide inovatif agar dapat menjalankan sesuatu dengan baik. Proses tersebut tentunya dapat menciptakan usaha baru. 

Di kalangan remaja sendiri, istilah kewirausahaan sudah bukan menjadi hal yang baru didengar lagi, karena memang sudah banyak sekali Sekolah yang mengajarkan tentang kewirausahaan, begitu juga di kalangan Pesantren. 

Namun, kebanyakan orang kurang tertarik atau memandang sebelah mata terhadap Dunia Enterpreneurship. Padahal sebenarnya, pelajaran kewirausahaan juga sama pentingnya dengan pelajaran lain, Karena dapat dijadikan sebagai pedoman untuk memulai sebuah usaha. 

Di era modern saat ini, sudah semakin banyak peluang pengembangan usaha, tidak heran jika para remaja banyak yang mulai membuka usaha milik mereka sendiri. 

Tapi di sisi lain, ada juga remaja yang masih enggan untuk mengembangkan usahanya sendiri, padahal ide-ide kreatif bisa tumbuh jika tidak tertutup oleh rasa malas. Nah, berikut ini beberapa poin yang dapat anda lakukan jika ingin membuka peluang usaha sendiri ;

1. Mempunyai peluang diri menjadi kreatif, tentu hal ini adalah poin penting, seseorang yang Kreatif cenderung akan memanfaatkan apa saja yang masih memiliki peluang untuk dimanfaatkan kembali.

Contohnya : 

a. Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi produk baru yang memiliki value (nilai) dan bisa dipasarkan.

b. Belajar mendalami hobi yang berpeluang menghasilkan.

c. Ide berjualan makanan sehat yang hits dikalangan remaja.

d. Mengembangkan kuliner daerah namun di buat semenarik mungkin.

2. Beri masukan positif setiap hari kepada diri sendiri, karena hal ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja diri anda. Dan sugesti yang baik ke dalam diri kita, dapat membuat kita menjadi lebih mudah untuk melakukan sesuatu.

Seperti : 

a. Selalu optimis, jangan mudah menyerah!

b. Bekerja keras dan selalu berdoa.

c. Alasan cinta juga bisa menyegarkan pola pikir untuk melakukan sesuatu yang positif.

3. Amati berbagai produk dan jasa, terutama produk-produk yang berada dalam pasar lain atau pasar yang berbeda-beda. Hal ini juga menjadi salah satu poin penting agar usaha yang kita bangun nampak menarik di mata publik.

4. Menerima kritik orang lain dan menyadari kesalahan, karena itu dapat membuat kita menjadi lebih baik dan tentu akan membuat kita memperbaiki apa yang masih kurang.

5. Selalu membawa buku harian untuk mencatat pikiran atau ide anda, karena mendokumentasikan hasil terbaik yang orang lain lakukan dapat memacu semangat kita untuk melakukan kebaikan yang sama dalam usaha yang kita bangun.

6.  Banyak-banyak membaca buku mengenai usaha yang anda jalankan, agar pengetahuan anda mengenai usaha yang anda bangun semakin luas.

Berwirausaha dapat diperoleh dari berbagai pelatihan-pelatihan, seminar, atau bahkan berinteraksi langsung dengan para pelaku wirausaha, bisa juga dengan membaca buku lalu mempraktikkannya. 

Meningkatkan mental generasi muda dalam berwirausaha adalah salah satu cara untuk membangun jiwa entrepreneur yang tangguh. Karena meski kita memahami strategi dan teori tentang usaha, namun tidak berani terjun kedalam dunia usaha, maka proses wirausaha pun tidak akan terwujud. Semoga bermanfaat.

Oleh: Riska Ayu Amalia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 10 Muharram di Pesantren Fatanugraha

Bernyanyi Yakini Kurangi Beban dalam Diri

Selayang Pandang Tentang Kota Asri Wonosobo