Bernyanyi Yakini Kurangi Beban dalam Diri

Bernyanyi, merupakan suatu kegiatan olah suara yang digemari banyak orang. Menyanyi juga merupakan kegiatan yang mudah dan menyenangkan, sebab dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sebagian besar masyarakat khususnya para remaja, menyenandungkan lagu-lagu yang mereka sukai kapanpun dan dimanapun, tak terkecuali saat mereka bekerja, belajar, bersantai, dan bahkan saat dalam perjalanan. Selain menyenangkan, menyanyi juga dapat memberi dampak positif bagi tubuh kita. Seperti mengurangi stres, pikiran negatif, dan yang pasti akan menumbuhkan rasa bahagia dalam hati kita. 

     Ketika bernyanyi, selain belajar mengolah suara, kita juga dapat melatih ketajaman otak kita dalam mengingat lirik-lirik lagu tersebut, sehingga tidak hanya mulut saja yang menjadi lentur, namun otak, perasaan, serta fikiran kita juga akan terasa lebih rileks. Saat kita tengah bersenandung, tentunya usaha untuk membuat suara kita terdengar merdu cukup menguras tenaga dan waktu. Dari hal itu, kita juga belajar untuk bersabar dan konsisten membuat suara kita terdengar lebih baik dari biasanya, dan tanpa disadari, rasa konsisten dan rasa sabar itu juga akan menjadi salah satu bagian kepribadian kita.

     Selain itu, ritme dan irama yang kita lantunkan saat menyanyi juga dapat membuat hati kita menjadi lebih lentur, dan hal ini otomatis akan membuat segala amarah dan kesal kita sedikit mereda. Ketika perasaan kita membaik akibat bersenandung, pikiran dan otak-pun akan lebih mudah mencerna sesuatu, sehingga kita dapat berpikir dengan luas. Dengan demikian, bernyanyi dapat kita kategorikan sebagai olahraga ringan yang dapat dilakukan siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang.

     Statement beberapa orang terkait menyanyi itu harus menggunakan suara yang merdu itu sama sekali tidak dibenarkan, semua orang memiliki radar hak yang sama untuk menyanyi, jadi diskriminasi itu tidak akan pernah dibenarkan. Bahkan, bagi sebagian orang yang sudah menjadikan musik dan lagu sebagai hobby, maka dia tidak akan peduli dengan anggapan bahwa pemilik suara buruk tidak diperbolehkan menyanyi, dia akan tetap percaya diri dan justru melatih pita suaranya untuk jadi lebih baik lagi. Meski memang agak merugikan gendang telinga orang lain, namun setidaknya si pelaku atau si pelantun lagu, akan merasakan efek positif dari menyanyi yang tadi sudah disebutkan di muka.

     Hal yang umumnya digemari banyak orang dari bernyanyi adalah karena makna dari sajak lagu, iraman, serta suara penyanyi yang mereka dengarkan, sehingga menumbuhkan minat untuk ikut menyenandungkan lagunya, dengan harapan dapat menciptakan suasana hati yang lebih nyaman. 

     Seiring berkembangnya zaman,  banyak orang yang mulai bergelut dengan dunia tarik suara, bahkan meski beberapa suara dari mereka didukung oleh teknologi canggih seperti microphone penghalus suara dan beberapa alat edit suara lain. Namun setidaknya dari hal tersebut kita tahu bahwa kepercayaan diri akan tumbuh karena kebiasaan, seperti halnya menyanyi itu sendiri. 

     Maka dari itu, hobi bernyanyi adalah awal yang baik bagi kita untuk menggunakan otak dan hati. Dengan bernyanyi, otak kita akan bekerja dengan lebih baik, dan hati kita akan lentur untuk merasakan keadaan di sekitar kita, selain itu juga dapat memupuk kepercayaan diri kita serta mengurangi beban kita dengan irama dan lantunan lagu lagu tersebut.

Mari menyanyi


       

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tari Lengger, Kesenian Khas Wonosobo

Peringatan 10 Muharram di Pesantren Fatanugraha